Oleh: Unknown - Minggu, April 03, 2016




Cek peserta BPJS Kesehatan? Apa itu? Maksudnya adalah sekarang Anda bisa mengecek apakah keanggotaan Anda ataupun keluarga dan kerabat sudah aktif atau belum. Umumnya, banyak orang yang penasaran ingin mengetahui status keanggotaan saat baru pertama kali mendaftar. Namun, kebanyakan dari mereka tidak tahu caranya. Sebetulnya mudah saja, Anda hanya perlu datang ke kantor untuk mengetahuinya. Tetapi, hal ini tentu terlalu menguras waktu dan tenaga alias tidak efektif jika Anda harus mendatangi kantor BPJS. Untungnya, sekarang semua keperluan BPJS dapat diakses secara online.


Ada dua cara untuk mengecek status keanggotaan. 
Cara yang pertama yaitu dengan membuka website resmi BPJS Kesehatan di http://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking ( Terakhir penulis cek link berikut ini ada masalah) Masukkan Nomor Kartu Anggota (NOKA) Tanggala lahir dan Angka validasi (yang ada pada kotak) kemudian klik CEK. Maka akan muncul Apabila Anda dan keluarga Anda telah terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, maka di layar akan muncul informasi nama peserta, kelebihan bayar dan kolom berisi informasi bulan, tanggal pembayaran dan lain-lain.

Cara kedua untuk mengecek status keanggotaan BPJS lewat sms yakni dengan menggunakan pesan singkat atau SMS. Untuk mengecek via SMS pun sangat mudah. Anda cukup mengirimkan pesan dengan format sebagai berikut: NOKA (spasi) nomor anggota
NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN
NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN
NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAI
lalu kirim SMS ke nomor 087775500400 . Setelah itu, Anda akan segera mendapatkan SMS balasan terkait status keanggotaan.

Jika anda masih kesulitan mendapatkan informasi, silahkan bisa menghubungi no 1500400 atau hubungi bagian pelayanan BPJS di link berikut https://www.lapor.go.id/

Status keanggotaan BPJS Kesehatan tentunya perlu untuk dicek demi mencegah adanya kesalahan. Hal ini sering terjadi karena adanya kerusakan database ataupun prosesnya yang lamban. Karena hal ini, peserta BPJS yang hendak mendaftar di lembaga kesehatan harus menunda pengobatan yang mungkin sangat mendesak akibat keterlambatan yang terjadi pada database. Hal ini pastinya sangat merugikan peserta. Karena itulah, sebelum Anda berobat menggunakan kartu BPJS Kesehatan, pastikan keanggotaan Anda telah aktif dengan cara cek peserta BPJS, baik itu via internet maupun SMS.

Baca Juga:

Posting Komentar

 

Komentar Terbaru