Oleh: Unknown - Minggu, April 03, 2016


Ada banyak manfaat menggunakan hijab, salah satunya adalah untuk melindungi rambut dari kotoran seperti debu, air, paparan sinar, matahari dan sebagainya. Walaupun demikian, kamu juga harus tetap merawat rambut yang tertutup hijab agar selalu sehat dan segar. Nah, dalam artikel ini, tim tips-cewek.com akan mencoba mengangkat topik tips merawat rambut buat para hijabers.


Tips #1 – Jangan mengikat rambut saat basah
Mungkin banyak di antara banyak sobat tips-cewek.com yang sudah mengetahui hal ini, namun hal ini harus di tekankan kembali khususnya bagi pemakai hijab, karena ada sebagian hijabers yang mengikat atau menggulung rambut yang masih dalam keadaan basah atau lembab saat mengenakan hijab.

Mengikat atau menggulung rambut yang basah dan lembab akan mengakibatkan kerusakan pada akar dan pangkal rambut. Kondisi ini akan bertambah parah jika kita menggunakan hijab, karena rambut yang tertutup hijab akan tetap basah dalam waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasi hal ini, usahakan untuk mengeringkan rambut dengan pelan selama beberapa menit, sampai rambut benar-benar kering secara merata.

Jika kamu berencana untuk hangout dan menggunakan hijab, ada baiknya kamu keramas beberapa satu atau dua jam sebelum kamu menggunakan hijab, dengan demikian kamu bisa memiliki waktu lebih lama untuk mengeringkan rambut.


Tips #2 – Berjemur dibawah sinar matahari
Cewek hijabers biasanya menggunakan hijab dalam waktu yang cukup panjang, misalnya seharian saat beraktivitas seperti bekerja, sekolah, atau hangout di luar ruangan. Dengan kondisi demikian, rambut dan kulit kepala akan sangat jarang tersinari oleh matahari.

Sebagian pakar rambut menyarankan agar secara berkala kulit kepala dan rambut disinari matahari secara berkala, setidaknya setengah jam setiap minggu. Vitamin D yang pembentukannya di bantu oleh sinar matahari memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Oleh sebab itu, sesekali kamu juga harus berjemur dibawah sinar matahari pagi dengan rambut yang terurai.
Kamu boleh kok berjemur dari dalam rumah atau kamar. :)

Tips #3 – Segera urai rambutmu setelah sesampainya dirumah
Setelah beraktivitas dengan menggunakan hijab dan sudah sampai dirumah, langsung masuk ke dalam kamar, dan segera lepaskan pengikat dan penutup rambut agar rambut bisa tergerai bebas, kemudian sisir dengan perlahan dan lakukan pemijatan di kulit kepala agar peredaran darah menjadi lancar dan mengurangi resiko kerusakan rambut.

Tips #4 – Cuci hijab dan penutup rambut secara teratur
Sebagai hijabers, kamu memiliki kewajiban untuk selalu mencuci hijab secara teratur agar hijab selalu dalam kondisi bersih terutama untuk kamu yang memiliki rambut berminyak.

Kotoran dan debu yang tidak terlihat pada hijab dapat menimbulkan masalah ketombe dan rasa gatal yang mengganggu di kulit kepala.

Ada baiknya kamu memiliki koleksi hijab yang berbeda-beda, agar dapat di gunakan dan di cuci secara bergantian.

Tips #5 – Potong rambut secara teratur
Walaupun tertutup oleh hijab, rambut tetap harus di potong secara teratur, 2 atau 3 bulan sekali. Memotong rambut dapat mengurangi “beban” kulit kepala dan menghilangkan ujung-ujung rambut yang bercabang.

Tips #6 – Jangan di ikat atau di gulung terlalu kencang
Saat menggunakan hijab, usahakan tidak menggulung atau mengikat rambut terlalu kencang. Memang agak susah, karena ikatan atau gulungan yang tidak ketat dapat mengakibatkan rambut keluar dari hijab, oleh sebab itu kamu harus bisa memperhitungkan kekencangan ikatan atau gulungan yang pas, namun tidak berpotensi untuk merusak rambut.

Menggunakan ikatan yang kencang, dapat mengakibatkan ketegangan pada akar rambut, yang bisa mengakibatkan rambut tercabut dari kulit kepala.

Simpulan
Walau pun kamu adalah seorang hijabers, kamu juga harus tetap merawat rambut dengan baik, karena rambut adalah bagian dari tubuh dan mencerminkan kepribadian kamu. Jagalah agar rambut tetap sehat, kuat, dan bersinar 






sumber. tips-cewek.com

Baca Juga:

Posting Komentar

 

Komentar Terbaru